Buku pertama Richard Carlson “Don’t Sweat Small Stuff” membawa
banyak perubahan positif bagi kehidupan personal dan juga karir saya. Buku
tersebut mengajarkan bagaimana cara berinteraksi kita dengan orang lain,
menjadi pendengar yang lebih baik, bagaimana cara mengatasi stress dan masih
banyak lagi.
Beberapa minggu lalu saya membaca buku lain yang juga ditulis oleh
Richard Carlson berjudul “Don’t Sweat Small Stuff at Work”. Buku ini fokus
membahas pengembangan diri di tempat kerja. Sama seperti buku yang sebelumnya,
ia menulis 100 poin-poin penting di buku ini.
Seperti banyak yang membicarakan, generasi milenial memiliki
karakteristik unik di tempat kerja. Kebanyakan milenial mengeluh, kecewa dan
pergi ketika merasa tempat kerjanya tidak seperti yang mereka harapkan.
Buku ini memberikan inspirasi dan pandangan baru bagi kita untuk
dapat lebih mengerti kehidupan di lingkungan kerja. Dari 100 poin yang ditulis,
ada 5 poin utama yang harus kita baca & pelajari sebagai generasi milenial.
1.
Berhenti Mengantisipasi Kelelahan
“Ya Tuhan, besok sudah hari Senin, saya harus membuat presentasi,
laporan bulanan & meeting yang membosankan”; “Minggu ini saya akan sangat
sibuk, saya hanya akan bisa tidur 3 jam”. Kita banyak mendengar hal ini dari
teman-teman di kantor atau bahkan dari
diri kita sendiri.
Permasalahan dari mengantisipasi kelelahan adalah kita terus menerus
mengingatkan dan menjadikan kita benar-benar lelah. Hal ini mengafirmasi bahwa
kita memang akan sangat lelah dan hanya akan tidur selama 3 jam.
Kita tidak perlu terus mengingatkan diri kita akan kelelahan yang
kita akan alami. Jika memang banyak hal yang harus kita kerjakan, coba kita
tulis berdasarkan skala prioritas dan selesaikan satu demi satu. Jika kita
mengetahui bahwa kita hanya memiliki sedikit jam tidur, coba untuk mencuri
waktu untuk istirahat disela-sela kegiatan kita. Dengan cara ini, kita akan
memiliki hari-hari yang lebih bersemangat kedepan.
2.
Daripada Mengutuk Kegelapan, Lebih Baik Menyalakan Lilin
Seperti yang disarankan dalam judul, strategi ini merupakan tindakan
positif, yang berorientasi pada solusi untuk memajukan kondisi daripada
mengeluhkan apa yang sedang terjadi. Artinya adalah, lebih baik kita menjadi bagian
dari solusi ketimbang menjadi pengingat
masalah.
Di perusahaan tempat saya bekerja saat ini iPrice Group yang
beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Hongkong & Thailand setiap hari Jumat kita melakukan meeting secara
keseluruhan. Salah satu bagian dari meeting tersebut adalah membacakan survey
yang dapat diisi oleh seluruh karyawan tanpa nama. Tim HR membacakan survey
tersebut dan pihak menejerial akan menjawab semua pertanyaan yang ada.
Beberapa pertanyaan yang muncul adalah seperti ini: “Kenapa kita
tidak memiliki banyak perayaan keagamaan atau budaya?”; “Kenapa kita tidak bisa
membuat kantor kita menjadi lebih cantik dan menyenangkan?”
Ada jawaban dari pihak menejerial yang menurut saya sangat sangat
tepat – “Daripada selalu mengeluh
mengenai apa yang tidak kita miliki saat ini, kenapa bukan kamu yang mengambil
bagian dan bersuka rela untuk membuat kantor menjadi lebih cantik dan lebih
menyenangkan?”
Jika kita melihat permasalah atau kekurangan yang ada dikantor kita,
daripada mengutuk hal tersebut, lebih baik kita melakukan sesuatu untuk
mengubah atau menjadikannya lebih baik.
Stop mengeluh, mulai lakukan sesuatu!
3.
Jangan Hiraukan Bos yang “Banyak Mau”
Hal yang harus kita pahami dari orang yang banyak mau adalah, mereka
seperti itu ke semua orang. Dengan kata lain, tindakan mereka bukan bersifat
personal. Permasalahan yang banyak terjadi adalah kita merasa bapak dan ibu
banyak mau karena membenci kita.
Daripada mengeluh mengenai sikap mereka, coba untuk curi dan belajar
sesuatu yang baik dari mereka. Kita harus mengubah cara kita menghadapi
orang-orang seperti ini. Kita bisa mulai membuka diri untuk mengerti apa yang
ingin mereka ajarkan kepada kita dan tidak mengambil tindakan mereka secara
personal.
Hal ini sangat penting kita pelajari sekarang, karena jika nanti
memiliki perusahaan sendiri, kita sudah paham bagaimana cara berinteraksi
dengan pegawai, klien dan juga investor.
Dengan kemampuan ini, kita akan menjadi lebih tidak difensif dan bermusuhan.
Butuh waktu untuk menguasai, namun manfaatnya sangat setimpal.
4.
Ingat moto ini “Kita Bisa Menangkap Lalat Lebih Banyak Dengan Madu”
Jika kita baik, penyayang dan sabar, jikat jika adil, menjadi
pendengar yang baik dan kita tulus peduli dengan orang lain orang-orang akan
senang berada di dekat kita. Bukan hanya itu, mereka tidak akan segan-segan
berbagi tips sukses yang mereka miliki dan juga membantu kita.
Hal ini tidak sulit dilakukan, melakukan hal-hal kecil seperti
menawarkan bantuan bagi teman yang sedang membutuhkan bantuan, mengucapkan
“selamat pagi!”, menawarkan makan siang bersama dan menjadi pendengan yang baik
ketika teman di kantor sedang bercerita. Ingat untuk terus berbuat baik ke
semua orang.
5.
Redakan EGO Kita
Ini merupakan poin yang paling menarik di buku ini, berbicara
mengenai EGO. Ego adalah bagian dalam diri kita yang menyombongkan,,
melebih-lebihkan, mengkritik dan menghakimi orang lain dan juga diri kita. Ego
sangat berfokus pada diri kita, seolah-olah harus berteriak “Hey, lihat diri
saya!”. Karena ego sangat egois dan asik sendiri, hal ini mendorong kita untuk
kehilangan ketertarikan dan kasih sayang terhadap orang lain.
Contohnya, ketika kita sedang mengerjakan proyek dalam sebuah tim,
masing-masing anggota bertanggung jawab untuk performa satu negara. Ego akan
mendorong kita untuk berkata “Hey coba lihat, performa di negara saya adalah
yang terbaik!”. Ego juga akan membuat kita stress ketika performa kita tidak
baik. Karena berdasarkan Ego, kita tidak akan mendapatkan perhatian dari orang
lain.
Mulai sekarang, kapanpun kita sedang dalam mode “EGO”, coba rasakan
betapa besar energi yang kita keluarkan. Kita akan merasa sangat lelah, karena
ego menyedot sanagt banyak energi.
Banyak yang akan kita dapatkan ketika meredakan ego. Pertama, kita
akan merasa beban hidup lebih ringan, karena seperti yang saya ucapkan diatas,
ego membutuhkan energy yang sangat besar.
Kedua, kita akan lebih tertari dengan orang lain. Kita akan menjadi
pendengar yang lebih baik, teman yang lebih baik dan lebih murah hati.
Masih ada 95 bagian lagi yang
Richard Carlson tulis dibukunya. Namun, dari 5 poin ini kita dapat belajar
banyak hal mengenai kehidupan di tempat kerja. Semoga ini bisa menjadi resolusi
kita di tempat kerja tahun 2017.
Thankyou, God.
comment 0 Komentar
more_vert